TWNC Gelar  Global Tiger Day di SCBD

By: On:
TWNC Gelar  Global Tiger Day di SCBD

WartaBHINEKA.com – Jakarta, Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) mengadakan talk show  Global  Tiger Day (GTD) di Lot.7 SCBD, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Sabtu,  (27/7/2019). Kegiatan sehari sejak pagi hingga malam ini dalam rangka memperingati hari harimau dunia dengan tema membangun kepedulian generasi.

“Dari minggu ke minggu populasi harimau di Indonesia semakin menurun. Perlu mendorong upaya hukum terhadap perdagangan illegal atas produk-produk yang menggunakan bahan satwa langka seperti Harimau Sumatera,” jelas Senior Researcher TWNC Ardi Bayu Firmansyah Kamis (25/7/2019) di Jakarta.

Bayu menuturkan, berdasarkan data yang dihimpun TWNC – lembaga konservasi  fauna dan flora di Tambling, Lampung –  sejak  Januari – Juli 2019 ditemukan 10 kasus Harimau Sumatera yang meliputi perihal harimau memangsa ternak, berkeliaran di pemukiman, melukai penduduk, harimau tewas dijerat pemburu dan sebagainya. TWNC yang konsen pada konservasi dan rehabilitasi harimau mendorong kampanye perlindungan harimau Sumatera yang efektif dengan gaya generasi milenial.

“Aneka kegiatan ini diharapkan dapat menarik  menarik keterlibatan generasi milenial dalam perlindungan Harimau Sumatera sehingga meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Dilokasi yang sama Ketua Umum Artha Graha Peduli Heka Hertanto menyampaikan, “keberadaan harimau di dunia telah langka hanya terdapat enam spesies. Khusus di Indonesia ada tiga spesias namun yang masih bertahan adalah spesies harimau Sumatera. Sedangkan harimau Jawa dan harimau Bali telah punah”.

“Keberadaan harimau amat penting bagi kelestarian lingkungan hutan. Kalau (populasi) harimaunya terganggu, habitat hutan bisa rusak terganggu pula. Jadi amat penting penyelamatan harimau Sumatera. Terlebih buat anak cucu kita ke depan agar mereka masih dapat mengenal Tanah Air bahwa hewan harimau masih ada dan terpelihara,” pungkas Heka seraya menambahkan peringatan GTD telah digelar di seluruh dunia sejak 10 tahun ini.

Agenda TGD seharian ini diawali pembukaan oleh Ketua AGP, disusul  dongeng anak, mewarnai lukisan, tarian oleh anak-anak, pengumpulan 3.000 tanda tangan dalam bentuk petisi,  melukis wajah dengan tema harimau atau objek hewan lain, penampilan Teater Didisena dengan drama latar belakang perlindungan harimau, pemutaran film “Let The Tiger Go”, penghormatan kepada Tim Ranger TWNC yang telah bertugas menjaga pelestarian hutan serta terakhir talk show dengan menampilkan narasumber Indra Exploitasia (Direktur KKH), Haryo Wibisono (Direktur Yayasan Sintar Indonesia), Ani Mardiastuti (Dewan Guru Besar IPB), Tony Sumampau (Taman Safari Indonesia), Ardi Bayu Firmansyah (Senior Researcher TWNC).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan