Studi: Alasan Wanita Melajang

Studi: Alasan Wanita Melajang

Australia (wartaBHINEKA.com) – Kian sedikit orang di Australia menikah dan semakin banyak yang bercerai. Dan terutama perempuan cenderung menemukan sisi positif menjalani petualangan hidup sendirian.

Sebuah studi yang dirilis tahun ini di Journal of Women’s Health yang melibatkan 80.000 perempuan menunjukkan sebagian besar mereka menjadi lebih sehat ketika bercerai atau berpisah dengan suami mereka.

Tanda-tanda peningkatan kesehatan termasuk penurunan indeks bobot tubuh (body mass index/BMI), lingkar pinggang, dan tekanan darah diastolik, seperti juga asupan makanan yang lebih baik dan aktivitas fisik yang lebih besar.

Penelitian lain menunjukkan perempuan lebih bahagia daripada laki-laki menjadi tanpa pasangan atau ‘menjomblo’, seperti survei atas 3.500 orang Australia pada 2014 yang menemukan 76 persen perempuan dilaporkan merasa lebih puas dengan kehidupan lajang dibandingkan 67 persen pada pria.

Fiona Barlow dari Jurusan Psikologi Universitas Queensland mengatakan ada bukti yang meningkat dari kecenderungan wanita menjadi tidak terikat. Barlow mengatakan ini terutama pada perempuan yang menjomblo karena pilihan.

“Ada banyak bukti kalau perempuan lajang bisa sangat bahagia, terutama jika tidak dipaksakan pada mereka.”

dikutip dari australiaplus.com, dia mengatakan alasan perempuan bisa mengatasi hidup sendiri lebih baik daripada laki-laki adalah kemampuan mereka untuk berjaringan.

“Perempuan lajang memelihara kelompok pertemanan yang sangat kuat melalui perjalanan hidup sehinggga mereka punya banyak teman untuk bersandar,” kata dia.

“Pria menjalani risiko menjadi sedikit lebih terisolasi daripada perempuan, karena itu kenapa pernikahan bahagia dapat menjadi langkah perlindungan bagi pria untuk menemui kebutuhan sosialnya.”

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan