Ranger TNUK Melihat Hewan Diduga Kuat Harimau Jawa

Ranger TNUK Melihat Hewan Diduga Kuat Harimau Jawa
Hewan diduga Harimau Jawa yang sudah punah di Ujung Kulon (Dok TNUK)

Pandeglang, WartaBHINEKA.com – Seekor banteng tersungkur mati. Si kucing besar yang memangsanya melangkah pergi sambil menatap beberapa merak yang ketakutan. Inikah Harimau Jawa yang sudah dibilang punah?

Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) menemukan indikasi Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) belum punah. Sebuah gambar mirip karnivora terbesar di Pulau Jawa tertangkap kamera di Padang Pengembalaan Cidaon, Ujung Kulon, Pandeglang.

Dari foto yang diperoleh detikcom, seekor harimau terlihat berjalan di tengah kerumunan burung merak di padang rumput. Di belakangnya ada bangkai banteng yang sebelumnya sempat menjadi makanan dari Harimau Jawa.

“Karena di sana banyak mangsa dan dia lagi makan banteng. Binatang tersebut lagi (makan) banteng mati,” ucap Kepala Balai TNUK Mamat Rahmat di Pandeglang dikutip dari Detik.com, Rabu (13/9/2017).

Penemuan hewan diduga Harimau Jawa ini menurut Mamat ditemukan saat ranger Balai TNUK melakukan inventarisasi banteng. Pegawai menurutnya langsung mengambil foto dan video untuk kemudian dilakukan pencarian.

“Difoto, diambil videonya dengan kamera pocket. Jarak agak jauh, jadi nggak terlalu jelas. Makanya kita istilahnya yang diduga mirip,” jelasnya.

Harimau Jawa dinyatakan punah pada sekitar tahun 1980-an. Semenanjung Ujung Kulon memang menjadi habitat Harimau Jawa.

“Dulu memang habitat Harimau Jawa, tapi kan hilang dinyatakan punah oleh LIPI. Kita berharap mudah-mudahan masih ada,” tambahnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan