Mengenal Diabetes di Indonesia

Mengenal Diabetes di Indonesia
DOKFTOTO : WartaBHINEKA

Jakarta, WartaBHINEKA – Diabetes adalah penyakit yang banyak didengungkan oleh masyarakat termasuk Indonesia dikota besar maupun kota kecil. Penyakit ini dapat menyerang kepada semua usia terutama orang dewasa. Diabetes sering kali terjadi tanpa disadari oleh seseorang yang menyandangnya.
Kondisi saat ini Indonesia menjadi negara nomer – 6 setelah China, India, United States, Brazil, Mexico, yang mempunyai penduduk dengan penyakit diabetes terbanyak. Indonesia memiliki data 7 persen dari penduduknya yang hidup dengan Diabetes.
Berikut tipe – tipe jenis penyakit Diabetes adalahi tipe 1 Diabetes disebabkan oleh kerusakan sel pankreas penghasil hormon insulin akibat auto-imun, umumnya berakhir dengan kekurangan mutlak hormon insulin, sedangkan tipe 2 Diabetes diawali oleh gangguan kerja hormon insulin resistensi insulin,diikuti penurunan fungsi sel pankreas penghasil insulin.
Pada seminar kesehatan kali ini, Dr. Johanes Purwoto menjelaskan, “perlu diketahui lebih dari 95 persen, diabetes tipe 2 paling banyak menyerang kita saat ini seperti organ tubuh  otot dan hati “, (16/11/2017).
Ada 2 faktor yang menyebakan Diabetes yakni fakor genetik, dan faktor pola gaya hidup, sehingga dapat beresiko menimbulkan stroke, kebutaan, gagal jantung, gagal ginjal, hipertensi gangguan pembulu darah, gangguan pernafasan, kerusakan pada kaki, hingga harus amputansi.
Dr. Johanes Purwoto menambahkan,  “ Mulailah berolahraga rutin, hindari makanan manis dan berkabohidrat tinggi, perbanyak kosumsi makanan sayuran dan buah.

“Semoga dengan diadakan seminar ini kesadaran pengetahuan teman – teman Artha Graha Peduli sebagai penyelenggara dan masyarakat kita dapat meningkat”, Ungkap Dr Johanes Purwoto SpPD –KEMD FINASIM.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan