Warga Antusias Saksikan Pawai Obor Asian Games di Banda Aceh

Warga Antusias Saksikan Pawai Obor Asian Games di Banda Aceh
Jakarta, WartaBHINEKA –  Arak-arakan Api obor Asian Games 2018 tiba di kota ke- 9 yakni Kota Banda Aceh. Meski hanya berada beberap jam saja, arakan Api Obor Asian Games disambut meriah oleh warga. Api Obor Asian Games tiba di Aceh melalui bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar, sekira pukul 10.00 WIB. Kedatangan obor Asian Games ini disambut langsung oleh Bupati Aceh Besar Mawardi Ali dan sejumlah pejabat lainnya. Bupati Mawardi Ali pun melakukan peusijuk, yakni upacara penyambutan tradisional adat Aceh. “Peusijuk ini bertujuan untuk meminta berkah kepada Allah swt, agar semua usaha kita dilancarkan dan dimudahkan,” ujar Bupati Mawardi Ali, saat melakukan kegiatan tepung tawar di Bandara SIM, Selasa (31/7/2018).
Dari bandara, api obor Asian Games dibawa oleh Bupati Aceh Besar dan disambut oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Museum Aceh dan diarak keliling Kota Banda Aceh. Api obor dibawa berlari oleh sejumlah atlet yang dipandu oleh artis ibukota Indra Bekti sebagai pembawa obor Berangkat dari Museum Aceh yang berada di samping Pendopo Gubernur Aceh, diarak menuju Museum Tsunami melintasi Masjid Raya Baiturrahman hingga menuju kantor Gubernur Aceh, yang menempuh jarak 10 kilometer. Warga pun menyambut antusias arakan obor Asian Games. “Seru dan bangga lah ya, obornya singgah di Aceh, senang lihatnya,” ujar Taskia, Siswi SMU Negeri 7 Banda Aceh. “Ini juga bisa bikin semangat khususnya bagi pelajar, semoga Indonesia meraih kemenangan yang banyak nanti di Asian Games,” ujar Rendra, pelajar SMA Negeri 9 Banda Aceh.
Di kantor Gubernur, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyambut api obor Asian Games 2018 sekitar 200 meter dari kantor Gubernur Aceh, didampingi sejumlah pejabat Pemerintah Aceh. Setelah mengikuti upacara penyambutan, api obor itu kemudian diterbangkan kembali ke Medan, Sumatera Utara. Sebelumnya api obor Asian Games 2018 ini bertolak dari Banjarmasin ke Aceh dan langsung dibawa ke Museum Aceh. (Dikutip dari Kompas.com/31/7/2018)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan