Semarak Festival Kesenian Hadroh di Masjid Besar Nurul Hikmah Lombok

Semarak Festival Kesenian Hadroh di Masjid Besar Nurul Hikmah Lombok

wartaBHINEKA – Lombok Utara – Festival yang diikuti anak-anak TK di Masjid Besar Nurul Hikmah di Pemenang Lombok Utara, NTB sangat semarak dan diminati oleh warga. Melalui festival ini, anak-anak akan mengenal nilai agama dengan baik. Sehingga mereka nantinya yang akan meneruskan perjuangan pada masa datang.

“Terima kasih anakku yang sudah hadir memberikan sedikit waktu. Segmen anak-anak sangat penting bagi kita ke depan untuk memberikan ruang dan waktu agar mereka bisa menjadi bagian depan sebagai penerus bagi generasi dan pewaris dari Islam ini ke depan,” kata Koordinator Panitia Festival Lalu Maswan, Sabtu (11/12/2021) di Lombok Utara.

Lalu Maswan menuturkan di tangan anak-anak inilah insya Allah akan ada perubahan dan kemajuan bagi Kabupaten Lombok Utara bahkan Indonesia. Disebutkan, kegiatan ini sebagai bentuk syukur masyarakat atas rampungnya pembangunan masjid besar tersebut.

“Masjid ini merupakan salah satu simbol kebersamaan kita bersama. Kita berkumpul untuk bangkit bersama setelah masjid ini rubuh karena gempa bumi sebelumnya,” ungkapnya.

Pada awalnya masjid ini dibangun pada pertengahan tahun 1987 di atas tanah wakaf. Tanah masjid memiliki sertifikat No.5522/1993 pada tanggal 23 Desember 1993 dengan luas 2496 meter persegi. Kemudian masjid ini dibangun dan mengalami renovasi pada tahun 2012.

Lima tahun kemudian, Gempa di Lombok terjadi pada 18 Juli 2018 dengan kekuatan 6,4 SR disusul gempa selanjutnya pada 5 Agustus 2018 berskala 7 SR yang menghancurkan bangunan-bangunan di Lombok Utara dan sekitarnya termasuk Masjid Besar Nurul Hikmah.

Menteri PUPR Basuki pada 9 September 2018 pagi ke lokasi gempa di Lombok Utara dan pada sore hari yang sama Presiden Joko Widodo ke masjid tersebut.

Luas Bangunan 1.300 meter persegi, 2 Lantai dengan struktur baja komposit. Pelaksanaan pertama Shalat Jumat diadakan pada 16 Oktober 2020.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan