Ribuan ATM Eror Karena Gangguan Satelit Telkom

Ribuan ATM Eror Karena Gangguan Satelit Telkom
(Anjungan tunai mandiri (ATM), Foto: Republika/Wihdan Hidayat)

Jakarta, WartaBHINEKA.com – Sejumlah layanan bank terganggu akibat anomali yang terjadi pada satelit I milik Telkom. Ribuan ATM tak bisa beroperasi secara normal karena gangguan satelit ini, dikutip dari Liputan6.com.

Termasuk Bank BCA. Sebanyak 5.000 ATM Bank BCA mengalami gangguan karena gangguan satelit Telkom I. Direktur Utama PT Bank BCA, Jahja Setiaatmaja mengatakan, akibat dari peristiwa ini, sekitar 30 persen dari total ATM Bank BCA mengalami gangguan. Selain itu, sebanyak 100 kantor kas pun terdampak karena hal ini.

Selain Bank BCA, sejumlah bank lain juga mengalami gangguan karena anomali yang terjadi pada satelit Telkom ini. Termasuk bank-bank BUMN.

Bank BRI mencatat dari 24 ribu ATM milik Bank BRI hanya sekitar 300 ATM yang terkena dampak ini. Selain itu ada 130 kantor unit yang juga terkena pengaruhnya.

Hal ini disebabkan, satelit Telkom I digunakan BRI untuk operasional ATM di daerah remote, terpencil atau terluar, bukan di kota-kota besar.

Selain itu, BRI juga mempercepat migrasi dari ATM yang masih menggunakan satelit Telkom ke BRISat. Jadi mayoritas ATM BRI sekarang menggunakan satelit milik sendiri.

Sama halnya dengan BRI, Bank Mandiri juga mengklaim gangguan yang terjadi pada satelit Telkom tak begitu memberikan dampak negatif pada layanan ke nasabah.

Sejumlah ATM bank lain seperti BNI dan lainnya juga mengalami gangguan yang sama. Namun belum dipastikan berapa jumlah ATM yang terdampak.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses