Membanggakan, lagu kebangsaan “Indonesia Raya” Menggema di Sirkuit Mandalika

Membanggakan, lagu kebangsaan “Indonesia Raya” Menggema di Sirkuit Mandalika
Momen saat lagu Indonesia Raya menggema di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, Minggu (21/11/2021).

Lagu kebangsaan “Indonesia Raya” berkumandang menjelang balapan World Superbike Race 2 di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, Minggu (21/11/2021). Saat lagu berkumandang, semua warga yang berada di tribun penonton serempak berdiri dan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”. Pantauan Kompas.com, beberapa penonton tampak terharu dan menitikkan air mata sambil menyanyikan lagu kebangsaan.

Adi Nia Mentari (50), salah satu warga Kota Mataram, mengaku terharu dan bangga karena balapan kelas dunia seperti WSBK bisa diselenggarakan di Lombok. Terlebih lagi, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi tuan rumah MotoGP pada Maret 2022. “Seru, bagus, senang pokoknya. Hebat Lombok bisa mengadakan turnamen dunia seperti ini,” kata Adi Nia Mentari, Minggu.

Ia juga mengaku sempat merinding dan menitikkan air mata saat mendengar lagu “Indonesia Raya” dinyanyikan oleh semua penonton yang datang ke Sirkuit. “Waduh merinding, tumben soalnya kita ngadain seperti ini. Jadi merinding. Bangga sekali, bangga,” kata Adi Nia. Hal serupa juga dirasakan warga setempat, Samsul Bahri (41). Ia merasa terharu saat ikut menyanyikan lagu “Indonesia Raya”

Kebangkitan ekonomi

Samsul yang juga Ketua Asosiasi Hotel Mandalika mengatakan, event WSBK dan IATC sebagai awal kebangkitan ekonomi dan pariwisata di Indonesia setelah pandemi Covid-19 berlangsung selama lebih kurang dua tahun. Samsul menyebutkan, okupansi hotel dan homestay di sekitar Mandalika saat digelarnya IATC mencapai 75 persen. Saat momen WSBK, jumlahnya meningkat menjadi 100 persen. Sebanyak 2.500-3.000 kamar hotel dan homestay di Mandalika terisi. “Selaku orang Lombok dan Indonesia tentu bangga sekali dengan keberadaan Sirkuit Mandalika ini. Dan sampai sekarang kami belum percaya, belum yakin bahwa ada di Lombok,” Kata Samsul.

Balapan WSBK Race 2 Mandalika yang sedianya digelar pukul 15.00 Wita sempat tertunda karena hujan lebat mengguyur arena balapan. Meski sempat ditunda, balapan WSBK dilanjutkan sekitar pukul 16.35 Wita dalam kondisi wet race. Seperti halnya pada Race 1 yang digelar pada Minggu siang, Race 2 ini kembali dimenangi oleh pebalap tim Kawasaki asal Irlandia Utara, Jonathan Rea. 


Penulis : Kontributor Mataram, Karnia Septia
Editor : Pythag Kurniati

Source Kompas.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan