Mana Lebih Baik? Perbedaan Vitamin D dan D3:

By: On:
Mana Lebih Baik? Perbedaan Vitamin D dan D3:

Seiring dengan kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh, vitamin D dan D3 pun lantas diburu. Namun ada beberapa perbedaan vitamin d dan d3.
Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini memiliki peran penting dalam penyerapan kalsium dan kesehatan tulang serta fungsi kekebalan tubuh.

Mengutip Singlecare, salah satu sumber vitamin D adalah dari paparan sinar matahari. Banyak jenis susu dan produk susu, bersama dengan jus jeruk, adalah juga diperkaya dengan vitamin D.

Namun,banyak dari kita tidak mendapatkan cukup vitamin D dan perlu Mengonsumsi Suplemen. Ada dua betuk suplemen makanan vitamin D: Vitamin D2 (Elgocalriferol) dan Vitamin D3(Cholecaleiferol),dan penting untuk memahami perbedaan saat memilih suplemen vitamin D mana yang akan di konsumsi.

Penenlitian bahkan menunjukan bahwa vitamin D2 kurang efektif dibandingkan vitamin D3 dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah.

Vitamin D (D2) berasal dari sumber tanaman, seperti jamir liar, serta makanan yang diperkaya, seperti susu atau produk sereal, Vitamin D2 sebagai resep digunakan untuk mengobati penyakit karena kekurangan vitamin D, misalnya hipoparatiroidisme (penurunan sekresi hormon tiroid), rakhitis yang resisten terhadap vitamin D, dan Hipofosfatemia (kadar fosfor rendah dalam garam).untuk mendapatkan vitamin ini, biasanya anda membutuhkan resep dokter.

mengutip healthline, Vitamin D3 lebih efektif meningkatkan status Vitamin D3 menjadi 25-hidroksivitamin D3. Kedua senyawa ini secara kolektif dikenal sebagai calcifediol.

calcifediol adalah bentuk sirkulasi utama vitamin D, dan kadarnya dalam darah mencerminkan simpanan nutrisi ini dalam tubuh anda .

Namun mana yang lebih baik? studi yang terbaru yang melibatkan dosis harian vitamin D2 dan vitamin D3 menunjukan bahwa keduanya sama-sama efektif dalam meningkatkan kadar vitamin D Anda.

kebanyakan ahli merekomendasikan 600 hingga 800 IU vitamin D per hari :

secara ringkas, Mengutip EveryWell perbedaan vitamin D dan D3:

1.Vitamin D3 adalah bentuk vitamin D yang dibuat tubuh manusia ketika sinar matahari mengenai kulit. Tubuh tidak dapat memprosduksi vitamin D2

2.Vitamin D3 ditemukan dalam sumber makanan hewani, seperti ikan berlemak dan minyak ikan,hati, jeroan , dan kuning telur

3.Vitamin D2 terutama berasal dari sumber tananman (seperti jamur liar), dan terbentuk ketika jenis tanaman tertentu terkena sinar ultraviolet dari matahari.

4.Vitamin D2 juga lebih murah untuk Diproduksi, Sehingga merupakan bentuk yang paling umum digunakan untuk memperkuat makanan, seperti susu,produk sereal, dan jus jeruk.

Meski ada perbedaan vitamin D dan D3 keduanya di butuhkan untuk kesehatan dan imunitas tubuh .

Source : https://www.cnnindonesia.com/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan