Kemendag Antisipasi Kenaikan Harga Ramadhan

Kemendag Antisipasi Kenaikan Harga Ramadhan
JAKARTA, WartaBHINEKA  – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan, ada sejumlah hal yang perlu diwaspadai terkait pasokan dan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Salah satunya adalah kecenderungan lonjakan harga pangan. “H-7 kecenderungan harga mulai meningkat,” kata Enggartiasto dalam rapat koordinasi lintas sektoral di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/6/2018).
Enggar menuturkan, dengan prediksi puncak arus mudik pada 9 Juni 2018, maka pemerintah sudah mengantisipasi dengan memastikan ketersediaan seluruh bahan pokok. Dengan demikian, harga tidak melonjak. Selain itu, pemerintah juga melakukan upaya pengendalian harga.
Tujuannya agar tidak ada oknum atau pengusaha yang mendorong kenaikan harga secara berlebihan. Kemendag juga menempatkan staf di beberapa titik, terutama daerah-daerah yang menjadi pantauan inflasi Badan Pusat Statistik (BPS).
Bersama dengan jajaran Dinas Perdagangan setempat, staf Kemendag memantau pasar dan stabilitas harga pangan setiap hari. Kemendag juga melakukan upaya lain untuk menjaga harga pangan, termasuk operasi pasar untuk beberapa komoditas, seperti beras dan daging. Adapun secara umum, berdasarkan pantauan Kemendag, harga pangan menjelang pangan cenderung stabil. “Kami hadir setiap hari di pasar, menunjukkan kepada masyarakat bahwa pemerintah hadir memastikan ketersediaan pangan dan harganya,” ungkap Enggar. (Dikutip dari Kompas.com, 5/6/2018)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses