HUT Marinir 2022: Sejarah dan Tema Perayaannya Tahun Ini!

HUT Marinir 2022: Sejarah dan Tema Perayaannya Tahun Ini!

wartaBHINEKA – Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Marinir diperingati pada tanggal 15 November setiap tahunnya. Tahun ini Korps Marinir TNI Angkatan Laut (AL) berusia 77 tahun.
Adapun tema HUT Marinir tahun ini adalah “Marinir yang Profesional, Modern dan Tangguh Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Tema ini menjadi acuan dalam perayaan HUT Marinir 2022 di seluruh Indonesia.

Dilansir dari laman resmi Marinir TNI AL, Korps Marinir adalah salah satu Komandu Utama Operasi (Kotama Ops) TNI di yang berada di bawah kendali langsung Panglima TNI. Korps Marinir memiliki tugas menyelenggarakan operasi amphibi, operasi pertahanan pantai, pengamanan pulau terluar stratesis serta operasi lainnya sesuai kebijakan Panglima TNI.

Korps Marinir juga merangkap sebagai sebagai Komando Utama Pembinaan (Kotama Bin) pada Markas Besar TNI Angkatan Laut. Dalam hal ini, Korps Marinir bertugas untuk membina kekuatan dan kesiapan operasi satuan Marinir. Selain itu juga membina potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan matra laut yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Staf Angkatan Laut.

Sejarah Korps Marinir TNI AL

Korps Marinir TNI AL awalnya dilahirkan di kota kecil, Tegal, pada tanggal 15 November 1945. Pada saat itu satuan ini masih bernama Corps Marinier.

Komandan pertama Corps Marinir bernama Mayor Laut Agus Subekti. Di bawah kepemimpinannya, pasukan ini menjadi satuan yang ditakuti oleh Belanda saat perang kemerdekaan, karena memiliki kekuatan perang yang besar dan persenjataan yang lengkap.

Nama Corps Marinier kemudian diubah menjadi Korps Komando Angkatan Laut (KKO AL) pada tanggal 9 Oktober 1948. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertahanan Nomor A/565/1948.

Pada periode ini pun didirikan pusat pendidikan KKO-AL dan pendidikan Amfibi di Surabaya. Tujuannya tak lain untuk menambah dan menyempurnakan kecakapan dan kemampuan anggota baik Perwira, Bintara maupun Tamtama di dalam dan luar negeri.

sumber : https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6407121/hut-marinir-2022-sejarah-dan-tema-perayaannya-tahun-ini

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses