Harga Daging Ayam Naik, Kementan Panggil Charoen dan Japfa Pask

Harga Daging Ayam Naik, Kementan Panggil Charoen dan Japfa Pask
Jakarta, wartaBHINEKA – Kementerian Pertanian memanggil raksasa produsen pakan ternak Charoen Pokphand dan Japfa Comfeed menyusul naiknya harga daging ayam hingga Rp 36.000/kg menjelang puasa.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengatakan kedua perusahaan itu bertemu dengan Kementan pagi tadi.
Agung mengungkapkan pertemuan itu membahas tentang harga daging ayam dan telur bisa terkendali. “Pertemuan ini untuk mendiskusikan harga akhir dari daging ayam dan telur itu supaya bisa terkendali. Kita bicarakan upaya-upaya untuk menurunkan harga pakan. Sementara ini belum diputuskan [terkait subsidi],” ungkap Agung.

Agung menjelaskan, kenaikan harga pakan akan mendorong kenaikan harga bibit ayam berumur 1 hari (day-old chicken/DOC) sekitar Rp 500/ekor. Kenaikan harga DOC ini pada akhirnya akan mendorong kenaikan harga daging ayam.

Selain pakan ternak, Charoen dan Japfa juga memiliki bisnis DOC.Harga daging ayam dan telur naik sekitar Rp 5.000/kg menjadi Rp 36.000/kg dari sebelumnya Rp 32.000/kg.

Kenaikan ini terjadi sejak 2-3 hari lalu menyusul menguatnya dolar AS hingga menyentuh Rp 14.000.
Perkasanya dolar membuat harga pakan naik Rp 100 – Rp 150/kg sehingga biaya peternak juga meningkat yang didistribusikan ke kenaikan harga jual ayam. (Dikutip dari www.cnbcindonesia.com, 11/5/2018)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan