Akibat Sungai Di Poso Meluap, Ratusan Kepala Keluarga Mengungsi

Akibat Sungai Di Poso Meluap, Ratusan Kepala Keluarga Mengungsi

WartaBHINEKA.com – Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Poso, ratusan KK yang terdampak banjir tersebar di tiga kelurahan yang berada di tiga kecamatan yaitu Kelurahan Ronononcu di Kecamatan Poso Kota Selatan, Kelurahan Watuawu di Kecamatan Lage dan Kelurahan Gebang Rejo di Kecamatan Poso Kota.

Kepala BPBD Kabupaten Poso, Masdian Mentiri, seusai meninjau lokasi banjir di Kelurahan Gebang Rejo mengatakan, selain karena faktor curah hujan yang tinggi, banjir juga diakibatkan karena perambahan hutan di hulu Sungai Poso, sehingga saat hujan Sungai Poso tidak mampu menampung debit air.

Menurutnya, tiga wilayah kecamatan yang terdampak banjir berada di pinggiran Sungai Poso sehingga saaat curah hujan tinggi, secara otomatis air naik dan meluap masuk kepemukiman warga.

“Kami bersama tim sejak pagi turun ke lokasi banjir dan memantau apa yang menjadi kendala dan apa perlu ditindaklanjuti. Kami sudah koordinasi dengan Dinas Sosial dan sudah mendistribusikan bantuan sembako serta obat-obatan,’’ kata Masdian Mentiri.

Pihak BPBD kabupaten Poso memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan masih mendata kerugian material. BPBD juga menghimbau  agar masyarakat yang tinggal di pinggir Sungai Poso agar waspada dan mengungsi ditempat yang aman sambil menunggu air surut.




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan