7 Desa Sebagai Pilot Project P2-EMAS 2018

By: On:
7 Desa Sebagai Pilot Project P2-EMAS 2018
Suasana Rapat Koordinasi Penentuan Lokasi Pilot Project Program Peningkatan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2-Emas) Kabupaten Sintang Tahun 2018 di Balai Pegodai, Kompleks Rumah Jawatan Wakil Bupati Sintang, Selasa (18/7/2017).

SINTANG, wartaBHINNEKA.com – Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sintang Kartiyus menerangkan tujuh desa asal tujuh kecamatan telah ditetapkan sebagai lokasi pilot project Program Peningkatan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2-Emas) Kabupaten Sintang Tahun 2018.

P2-EMAS merupakan breakdown dari misi Bupati dan Wakil Bupati Sintang yakni mengembangkan ekonomi kerakyatan berbasis pedesaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tujuh desa itu diantaranya Desa Binjai Hulu Kecamatan Binjai Hulu dengan produk unggulan ternak sapi, Desa Bekuan Luyang Kecamatan Ketungau Hulu dengan produk unggulan Lada, Desa Ensaid Panjang Kecamatan Kelam Permai dengan produk unggulan kerajinan tenun ikat dan Desa Solam Raya Kecamatan Sungai Tebelian dengan produk unggulan kolam dan pembenihan ikan.

Lalu, Desa Pakak Kecamatan Kayan Hilir dengan produk unggulan Cabe, Desa Temawang Muntai Kecamatan Sepauk dengan produk unggulan perkebunan holtikultura dan Desa Mentajoi Kecamatan Serawai dengan produk unggulan kerajinan rotan.

“Dari survey dan verifikasi lapangan Tim P2-EMAS. Rekapitulasi analisa potensi ekonomi calon desa pilot project P2-EMAS Tahun 2018 ada 26 desa di 14 kecamatan,” ungkapnya dikutip dari Tribunnews.Pontianak, Rabu (19/7/2017).

Kartiyus menambahkan beberapa penilaian yang mendasari penetapan pilot project diantaranya kondisi ketersediaan sarana, prasarana dan infrastruktur dasar, potensi ekonomi, sektor unggulan dan berbagai pertimbangan lainnya.

Tim P2-EMAS sudah berupaya maksimal memverifikasi data lapangan calon desa pilot project. Kendati diakui masih ada kendala saat survei lapangan.

“Kemarin kami tidak bisa ke Desa Kalangan Juoi karena sungai surut. Karena tidak memungkinkan sampai kesana, verifikasi dilakukan melalui keterangan Camat Ambalau,” terangnya.

Di tahun 2017 ini, seleksi lokasi pilot project hanya dilakukan pada tujuh kecamatan terlebih dahulu. Tujuh kecamatan tersisa akan dilakukan tahun 2019 mendatang.

“P2-EMAS ini telah dirancang sejak tahun 2016. Kegiatan P2-EMAS merupakan program multi year. P2-EMAS adalah bentuk intervensi pemerintah untuk semakin memberdayakan masyarakat agar lebih fokus dan terkonsentrasi,” pungkasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses