Status Gunung Agung Naik Menjadi Awas

Status Gunung Agung Naik Menjadi Awas
(Foto: AFP/Sonny Tumbelaka)

Jakarta, WartaBHINEKA.com – Erupsi Gunung Agung terus meningkat. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan status Gunung Agung dinaikkan dari Siaga menjadi Awas. Dinaikkannya status tersebut terhitung sejak pukul 06.00 Wita, pagi ini.

“Status awas adalah status tertinggi dalam status gunung api,” ucap Sutopo dalam rilisnya, dikutip dari Detik.com Senin (27/11/2017).

Warga, pendaki serta wisatawan diminta menjauhi kawasan kawah Gunung Agung. Sutopo menerangkan titik aman berada pada radius di atas 10 kilometer dari kawah gunung.

“Masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya,” jelas Sutopo.

“Yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 8 km dari kawah Gunung Agung dan ditambah perluasan sektoral ke arah utara- timur laut dan tenggara – selatan – barat daya sejauh 10 KM dari kawah Gunung Agung,” imbuh dia.

Bagi warga setempat yang tinggal di radius 8 dan 10 KM dari kawah Gunung Agung, Sutopo mengimbau agar mereka mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Sebagian masyarakat telah melakukan evakuasi mandiri sejak 25 November malam menyusul erupsi Gunung Agung,” ungkap Sutopo.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan