Shopee Liga 1, Persipura Waspadai Tira Persikabo

Shopee Liga 1, Persipura Waspadai Tira Persikabo

WartaBHINEKA.com – Pertandingan antara Persipura Jayapura dan Tira Persikabo di laga pekan ke-22 Shopee Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Rabu (2/10/2019), akan berlangsung menarik. Persipura yang mulai terus menanjak bersama Jacksen Tiago mewaspadai Tira Persikabo yang mungkin bangkit setelah belum menang di putaran kedua Liga 1 2019. Namun, begitu pun sebaliknya.

Persipura Jayapura yang harus menjalani laga kandang di luar Jayapura baru saja meraih kemenangan 3-1 atas PSM Makassar di tempat yang sama. Kemenangan tersebut tentu menjadi sebuah modal yang sangat bagus bagi Persipura untuk menghadapi Tira Persikabo, yang sejak putaran kedua Liga 1 2019 dimulai belum meraih kemenangan.

Namun, pelatih Persipura, Jacksen Tiago, mewanti-wanti agar Boaz Solossa dkk. tidak sedikitpun meremehkan Tira Persikabo asuhan Rahmad Darmawan.

“Para pengamat melihat Tira Persikabo dalam tren negatif pada putaran kedua ini. Tapi, saya sama sekali tidak melihat itu keuntungan bagi Persipura,” ujar Jacksen Tiago.

“Kami pernah mengalami kondisi seperti itu. Bedanya Persipura terpuruk di awal musim. Jadi, kami tak mau terlena dengan kondisi lawan. Kami malah harus waspada. Siapa tahu mereka akan memanfaatkan pertandingan ini sebagai momen kebangkitan,” lanjutnya.

Pelatih berpaspor Brasil ini pun telah menyiapkan perencanaan detail untuk mengalahkan Tira Persikabo. “Saya sudah perbaiki kekurangan tim ini, terutama strategi saat bertahan dan menyerang. Saya tidak bisa menjelaskan detail pola bertahan dan menyerang yang kami terapkan nanti,” ujarnya.

Satu hal yang pasti bagi eks juru taktik Barito Putera ini, Mutiara Hitam harus kerja keras untuk mengamankan tiga poin di laga kandang di luar Jayapura ini.

“Ini akan jadi partai menarik. Coach RD pernah menangani Persipura Jayapura. Sebagai pelatih saat ini, saya ingin Persipura menang agar bisa terus bersaing di papan atas. Apalagi Tira Persikabo juga tim tangguh yang berada di atas” tuturnya.

Sementara itu, di kubu Tira Persikabo, Rahmad Darmawan harus sedikit memutar otak. Penyebabnya, sejumlah pemain harus absen dalam pertandingan kontra Persipura Jayapura ini.

Ciro Alves dan Guntur Triaji harus absen karena akumulasi kartu kuning. Sementara itu, Abduh Lestaluhu, Wawan Febriyanto, dan Manahati Lestusen, absen karena bergabung dengan Timnas Indonesia yang akan menjalani lanjutan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Tira Persikabo hanya terselamatkan karena dua pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22, Andy Setyo dan Rifad Marasabessy, masih bisa bersama tim dan baru bergabung dengan tim asuhan Indra Sjafri usai pertandingan kontra Persipura.

Alhasil, Tira Persikabo pasti tidak diperkuat lima pemain andalannya. Rahmad Darmawan pun menegaskan dirinya harus mengubah skema permainan untuk bisa mengatasi permainan Persipura yang memiliki pemain-pemain berpengalaman.

“Kami menyiapkan skema berbeda saat menghadapi Persipura,” tegas pelatih yang karib disapa RD itu.

RD pun harus mengantisipasi kemungkinan Persipura membalaskan kekalahan di putaran pertama. Tim yang kini dibesut Jacksen Tiago itu kalah 1-2 dari Tira Persikabo di putaran pertama Liga 1 2019.

“Ketika bermain di Bogor, Persipura cukup menguasai permainan. Namun, kami beruntung bisa menang 2-1. Berada di bawah asuhan Jacksen, Persipura sangat bagus. Mereka memiliki keterikatan yang baik. Saya rasa aura permainan Persipura telah kembali dan itu yang harus diwaspadai,” ujar pelatih Tira Persikabo itu.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses