Pemerintah Tidak Akan Menaikkan Tarif Listrik Hingga 2019

Pemerintah Tidak Akan Menaikkan Tarif Listrik Hingga 2019
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jakarta, WartaBHINEKA – Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian ESDM telah mengumumkan bahwa tidak ada perubahan tarif listrik untuk Januari hingga 31 Maret 2018. Pemerintan akan memperpanjang kebijakan untuk tidak akan menaikkan tarif listrik hingga 2019. Hal itu disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan usai membicarakan secara individual dengan Presiden Joko Widodo.

Pemerintah mempertimbangkan daya beli masyarakat atas keputusan ini dalam artian jangan sampai dinaikkannya tarif listrik justru menyurutkan daya beli masyarakat.

“Saya mengadakan sesi individual dengan presiden minggu lalu. Dia mengatakan bahwa pemerintah harus terus menjaga tarif listrik. Tidak menaikkan tarif listrik sampai akhir 2019,” Kata Jonan di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (22/2), hal ini dikutip dari mediaIndonesia.com.

Jonan menegaskan bahwa alasan untuk tidak menaikkan tarif listrik hingga akhir 2019 bukan karena tahun politik dan pemilihan umum dimana Presiden Joko Widodo akan mencalonkan kembali tetapi karena mempertimbankan kemampuan penyerapan listrik.

“Jika saya bertanya kepada saya apakah karena pemilihan presiden yang akan datang, saya tidak berpikir begitu. Itu karena kita menganggap keterjangkauan daya beli masyarakat,” jelas dia.

Berikut daftar tarif listrik yang akan berlaku sampai Maret 2018:

1. Rumah tangga 450 VA sebesar Rp415 per kWh.
2. Rumah tangga 900 VA tidak mampu sebesar Rp586 per kWh.
3. Rumah tangga 900 VA mampu, sebesar Rp1.352 per kWh.
4. Pelanggan Rumah tangga nonsubsidi (tariff adjustment), tetap sebesar Rp1.467,28 per kWh.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan