Harga Bawang Putih di Jakarta Rp.80.000,-/Kg

Harga Bawang Putih di Jakarta Rp.80.000,-/Kg

Jakarta – Distribusi yang panjang ditengarai menjadi penyebab harga bawang putih jenis kating di pasar tradisional Jakarta melambung tinggi hingga Rp 80.000/kg. Hal ini ditemui di Pasar Jatinegara, Jakarta. Harga bawang putih tembus di angka Rp 80.000/kg per hari ini, naik dari harga hari sebelumnya Rp 65.000-70.000/kg. “Bawang putih aja saya beli di pedagang Rp 75 ribu/kg. Harga jual cuma saya kasih Rp 80.000 per kilonya,” kata Eni, salah seorang pedagang sembako.

Eni mengaku mendapatkan pasokan dari Pasar Senen dengan harga beli Rp 75.000/kg. Pedagang di Pasar Senen sendiri mendapatkan pasokan dari pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, sementara pasokan awal didapat dari importir yang memasok dari China.

Berdasarkan pantauan harga pangan hari ini rata-rata di Jakarta, harga bawang putih mencapai Rp 52.883/kg. Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, mengklaim harga bawang putih sudah kembali normal. Menurutnya, harga bawang putih sudah ditekan di bawah Rp 40.000/kg setelah penambahan impor, baik importir swasta maupun Perum Bulog.

Kementerian Perdagangan bahkan menargetkan harga bawang putih bisa ditekan lagi hingga Rp 30.000/kg hingga beberapa pekan ke depan. Namun kini, harga bawang putih yang sebagian besar diimpor dari China ini melonjak hingga Rp 80.000/kg.

 

 

 

sumber:detik.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan