Ekspansi Electronic City Perbanyak Menjual Produk Dalam Negeri

4 min read

Jakarta, 24 Juni 2022 – PT Electronic City Indonesia, Tbk. (“Perseroan”) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada tanggal 24 Juni 2022 bertempat di Hotel Borobudur Jakarta dan secara online melalui aplikasi easy.KSEI. Hasil RUPST, menyetujui Laporan Tahunan Perseroan Tahun Buku 2021, termasuk Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris serta Laporan Keuangan Perusahaan dan Entitas Anak untuk Tahun Buku 2021 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Mirawati Sensi Idris (An Independent Member of Moore Global Network) dengan pendapat Wajar Tanpa Modifikasian.

RUPST Perseroan telah menunjuk jajaran Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan sebagai berikut:
Dewan Komisaris
Komisaris Utama: Hartono Tjahjadi Adiwana
Wakil Komisaris Utama: Rahmat Adi Sutikno Halim
Komisaris: Ku Siew Kuan
Komisaris Independen: Vivi Henny
Komisaris Independen : Ratu Tisha Destria

Direksi
Direktur Utama: Wiradi
Direktur: Dedy Djafarli
Direktur: Josephine Sukmadewi Karjadi
Direktur: Lenny Susilawaty Jamadi
Direktur: Lyvia Mariana
Direktur: Roland Hutapea
Direktur & Corporate Secretary: Widi Satya Chitra

Agenda lain dalam RUPST yang telah disetujui antara lain penetapan penggunaan laba bersih tahun Buku 2021, penunjukan akuntan publik untuk audit laporan keuangan tahun 2022, serta penetapan remunerasi anggota Direksi dan Komisaris tahun 2022. Di Tahun 2021, PT Electronic City Indonesia, Tbk. memperoleh pendapatan sebesar Rp 1,8 triliun dengan pertumbuhan 11,92% dibandingkan buku tahun 2020 dan membukukan laba sebesar Rp 8,7 miliar.

Di tahun 2021, Perseroan mengeluarkan kategori Mom & Baby sampai peluncuran tagline baru “Light Up Your Moments”, dimana Electronic City ingin menjadi teman yang selalu hadir di setiap momen. Selain itu di tahun 2021, Perseroan mendapatkan penghargaan dari WOW Brand 2021 serta beberapa penghargaan dari beberapa brand seperti dari ASUS, LG, dan Panasonic.

Tahun 2022 ini, Perseroan kembali meluncurkan 1 (satu) kategori baru bernama eco-city yang secara spesifik menjual produk-produk organik dan barang ramah lingkungan sebagai upaya bagi Perseroan untuk menjadi perusahaan retail elektronik terbesar yang juga peduli dalam lingkungan hidup dan berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development) demi generasi masa depan yang lebih baik. Selain itu juga turut andil memperkenalkan & mengedukasi masyarakat mengenai Gaya Hidup Sehat & Ramah Lingkungan (Healthy Lifestyle & Eco-Lifestyle) dalam mengurangi sampah anorganik.

Masih di tahun yang sama, Perseroan juga telah melakukan grand opening 5 toko baru secara
serentak pada tanggal 23 April 2022 di Gandaria City, Mall Taman Anggrek, PIK Avenue, 23 Paskal Bandung dan Centre Point Medan, dan telah menerima rekor baru dari MURI bertajuk
“Pembukaan Jaringan Toko Elektronik Modern Secara Serentak Terbanyak” di Indonesia, sehingga jumlah toko di sampai Juni 2022 ini sebanyak 67 toko yang tersebar di Indonesia.

Perseroan juga menambah kategori produk-produk yang akan dijual. EC sebagai perusahaan retail asli Indonesia akan berpartisasi aktif mendukung karya anak bangsa. Tahun ini ada penambahan kategori produk di area EcoCity di EC. Di area ini akan banyak menjual produk-produk dalam negeri seperti produk produk berwawasan lingkungan, makanan sehat & organic, serta produk-produk pendukung lain.

Perseroan juga terus melakukan peremajaan untuk toko-toko yang telah beroperasi cukup lama, guna meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi customer. Dengan maraknya omni-channel dimana konsep O2O (online to offline & offline to online) merupakan pengalaman berbelanja yang penting, electronic city melalui platform belanja onlie yaitu
eci.id menjawab tantangan ini untuk menjadi penyedia O2O terbesar dengan jaringan toko electronic terbanyak di Indonesia.

Untuk itu di tahun 2021 eci.id melakukan perombakan dan pembaruan sistem e-commerce secara keseluruhan, baik dari sisi tampilan User Interface, business process terkini, dan backend system serta infrastructure yang dipersiapkan untuk mengakomodir pertumbuhan sales & traffic pengunjung online. Hasil dari pembaruan ini tercermin di pertumbuhan sales eci.id dimana growth tahun 2021 sebesar 168%.

Electronic City memiliki house brand, ARRA dimana saat ini telah meluncurkan beberapa produk yaitu portable refrigerator dan cooler box, food cover, solar car air purifier, dan rice cooker low carbo. House brand ARRA juga akan terus berinovasi untuk meluncurkan produk-produk baru yang mengikuti trend perkembangan zaman saat ini.

Untuk mengetahui update terkini mengenai Electronic City, like dan ikuti sosial media kami,
Instagram: @electroniccityid, Facebook: Electronic City Indonesia dan kunjungi website kami www.eci.id.
*

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:
Corporate Secretary
Phone : 021 – 5151177
Email : corporatesecretary@electronic-city.co.id

You May Also Like

More From Author