Agar Sawit RI Tak Didiskriminasi, Jokowi Minta Dukungan Lithuania

By: On:
Agar Sawit RI Tak Didiskriminasi, Jokowi Minta Dukungan Lithuania
Presiden Jokowi di KTT ASEAN, Manila. ©2017 Merdeka.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Presiden Lithuania, Dalia Grybauskaite di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/5). Dalam pertemuan, Jokowi mengatakan telah meminta dukungan dari Presiden Lithuania agar produk sawit Indonesia di Eropa dapat diperlakukan secara fair.

“Indonesia juga telah menyampaikan concern terhadap berlangsungnya kampanye hitam dan tindakan diskriminatif produk sawit Indonesia di Eropa. Dan tadi kita juga meminta dukungan Lithuania agar produk Sawit Indonesia diperlakukan secara fair,” kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama dengan Presiden Lithuania di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/5).

Indonesia dan Lithuania, kata Jokowi, telah menjalin kerjasama bidang energi yang menyangkut energi biomassa, energi dari sampah, dan juga gas.

Kerjasama juga terjalin dalam bidang IT, baik untuk penggunaan di transportasi darat maupun di penerbangan. Peningkatan kerjasama untuk meningkatkan kerjasama perdagangan dan investasi juga disepakati.

“Dan kita juga mendorong agar negosisasi Indonesia dan IU comprehensive Partnership agreement akan dapat segera diselesaikan,” kata Jokowi.

Pertemuan ini, kata Jokowi, merupakan pertemuan yang bersejarah karena untuk pertama kalinya Presiden Lithuania datang ke Indonesia. Untuk pertama kali pula pertemuan ini merupakan pertemuan kerja pertama antara Indonesia dengan Presiden Lithuania sejak dijalinnya hubungan diplomatik sejak 24 tahun yang lalu.

Jokowi menambahkan, wisatawan dari Lithuania dalam empat tahun terakhir meningkat sangat signifikan yaitu meningkat 183 persen dari tahun 2013 ke 2016.

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara juga menyambut baik penandatanganan dua kesepakatan kerjasama di bidang energi baru terbarukan dan konservasi energi,serta di bidang transportasi.

Sumber : https://www.merdeka.com/uang/jokowi-minta-dukungan-lithuania-agar-sawit-ri-tak-didiskriminasi.html

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses