“3 Jenis Bubble di MotoGP Mandalika”

“3 Jenis Bubble di MotoGP Mandalika”
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meninjau langsung kesiapan di sekitar dan di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Rabu (12/1/2021). (Dok Kemenparekraf)

wartaBHINEKA – Liputan6.com, Jakarta – Penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) tinggal menghitung hari. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memastikan bakal menerapkan sistem bubble untuk mendukung kesuksesan gelaran akbar tersebut.

Sistem bubble pada MotoGP Mandalika 2022 dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Seperti diketahui, Indonesia mencatat peningkatan kasus positif COVID-19 yang berasal dari varian Omicron.

Pemerintah meminta para pembalap dan kru pendukung mematuhi sistem gelembung selama balapan berlangsung pada 18–20 Maret 2022 dan tes pra-musim pada 11–13 Februari 2022. Aturan tersebut ditegaskan melalui Surat Edaran Kepala Satgas Covid-19 Nomor 5 Tahun 2022 dari tentang Protokol Kesehatan Sistem Bubble pada Kegiatan MotoGP 2022 di Mandalika dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dilansir dari laman Indonesia.go.id dan laman resmi Satgas Covid-19, sebanyak 84 pembalap dari 44 tim akan bertanding di Mandalika. Mereka akan berlomba pada kategori MotoGP, Moto2, dan Moto3, dibedakan dari kapasitas mesin motor yang ditunggangi. Jumlah mereka, berikut kru pendukung tim, diperkirakan mencapai hampir seribu orang.

Mereka datang dari negara-negara di lima benua. Dalam sistem gelembung, sekelompok orang yang berangkat dari suatu tempat akan diawasi ketat hingga menuju ke tempat tujuan.

Satgas Penanganan COVID-19 berupaya mempertahankan tiga gelembung. Bubble pertama berisi para pembalap bersama kru dan ofisial; kedua adalah penonton, jurnalis, dan VVIP; serta gelembung ketiga terdiri dari panitia dan petugas.

Mereka dilarang melakukan kontak langsung dengan pihak luar. Artinya, setibanya para pembalap dan seluruh kru tim MotoGP di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, mereka akan dijemput kendaraan khusus dan langsung diantarkan menuju penginapan di Mandalika.

Selama di Mandalika, mereka hanya diizinkan beraktivitas di sekitar kawasan penginapan dan sirkuit. Selesai mengikuti balapan, seluruh peserta MotoGP akan kembali diantarkan kendaraan khusus menuju bandara.

.

sumber : liputan6.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan